Ini Alasan Gunanya Permainan Lego

permainan lego

Siapa yang tidak kenal lego? Permainan menyusun dari bongkahan kayu atau plastik ini sungguh asyik dimainkan. Terlebih lagi lego telah banyak mengeluarkan permainan berunsur tema karena mengikuti perkembangan trend seperti lego castle, lego city, lego star wars, lego spider man, lego harry potter dan masih banyak lagi.

Permainan lego bukan hanya asyik dimainkan oleh anak kecil saja, orang dewasa pun bisa turut memainkannya. Diciptakannya permainan lego bukan tanpa alasan. Berikut ini alasan gunanya permainan lego.

Sekilas sejarah lego

Sebelum kita membahas manfaat dari bermain lego. Ada baiknya kita mengetahui sejarah terciptanya lego. Lego tercipta dari dalam toko kerajinan kayu yang memproduksi mebel di kota Billund, Denmark.

Saat toko mengalami kelesuan, pemiliknya Ole Kirk Christiansen membanting stir memproduksi mainan berupa miniatur peralatan tehnik dan rumah tangga. Dari sinilah lego tercipta dan menarik daya beli masyarakat.

Baca juga:  Tangan Gadis Ini Harus Diamputasi, Namun Ia Mendapatkan Kado Spesial

Pada tahun 1934, Christiansen mengubah tokonya menjadi grup perusahaan dan menamainya dengan “Lego” yang mengambil dari kata “leg godt” (bahasa Denmark) yang artinya cara bermain dengan baik.

Tahun 1963, grup lego mengubah material bahannya dari semula kayu kemudian plastik hingga ke jenis plastik ABS yang dinilai aman dari bahan kimia dan tidak mudah rusak.

Selanjutnya, grup lego berhasil memperluas usahanya ke luar Denmark dan selalu berinovasi dalam produknya.

Manfaat lego

Lego dipercaya para orangtua dan pakar pendidik sebagai permainan yang mampu mengasah kreatifitas anak. Seiring inovasi lego, permainan ini tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Orang dewasa pun banyak yang mengoleksi lego sebagai permainan mengasah otak.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari permainan lego ini terutama bagi tumbuh kembang anak, diantaranya adalah:

  1. Bentuk lego yang berbalok dan beraneka warna mengajarkan anak usia dini mengenal benda berikut kosa katanya.
  2. Ukuran dan jumlah lego yang bervariasi secara tidak langsung mengenalkan anak pada pelajaran berhitung.
  3. Menyusun lego sesuai imajinasinya membuat anak mengenal nilai artistik sejak dini.
  4. Permainan lego yang bisa dimainkan bersama telah mengajarkan sang anak membangun suatu hubungan dan secara tidak langsung melancarkan bahasa yang dimilikinya karena adanya komunikasi yang dijalin. Selain itu, kerja sama dalam menyusun lego juga mengajarkan anak memiliki sikap peduli terhadap orang lain.
  5. Permainan lego bila dimainkan secara bersama antara orangtua dan anak dapat merekatkan hubungan bathin diantara keduanya dan lego juga bisa dijadikan acara bonding antara orangtua dan anak.
Baca juga:  Pesta Pernikahan Sukses Tanpa Biaya Mahal

Manfaat bermain lego bukan hanya diperuntukkan untuk kalangan anak-anak semata. Seperti telah dijelaskan diatas, lego selalu berinovasi dalam menciptakan karyanya salah satunya adalah lego bertemakan tertentu.

Nah, lego bertema itu juga bisa dimainkan oleh orang dewasa sebagai sarana hiburan yang dapat menyegarkan otak.

Namun ada yang perlu diperhatikan! Bila ingin mengoleksi lego terlebih lagi diperuntukkan anak, sebaiknya pilih lego asli dengan merk lego itu sendiri. Sebab, bahan material lego terjamin keamanannya dari racun kimia.

Bermain lego memang sangat menyenangkan. Tidak hanya sekedar hiburan, lego juga mengasah kreativitas anak hingga orang dewasa. Nah, ini alasan gunanya permainan lego!

You May Also Like

About the Author: Manasuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *