Dampak Positif dan Negatif Melakukan Selfie

foto selfie

Hampir setiap orang pernah melakukan selfie dan mengunggahnya ke jejaring sosial. Selfi adalah memotret diri sendiri dengan menggunakan kamera handphone. Ada juga yang memaknai selfie dengan memotret orang dan objek lain yang menjadi fokus perhatiannya.

Tapi tahukah Anda bahwa ada dampak selfie terhadap hidup kita?

Istilah selfie mulai di kenal pada tahun 2013. Beberapa foto selfie pernah membuat kehebohan karena dilakukan oleh tokoh ternama. Publik tentu masih ingat foto selfie presiden Barak Obama(USA) dengan perdana menteri Helle Thorning Schmidt (Denmark) dan perdana menteri David Cameron(Inggris) pada saat pemakaman Nelson Mandela.

Begitu juga dengan kehebohan yang terjadi di ajang piala Oscar pada Maret 2014. Foto selfie yang dilakukan oleh Ellen DeGeneres, Meryl Strep, Julia Roberts, Channing Tatum, Jaret Leto, Brad Pitt, Angelina Jolie, Kevin Spacey, Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, dan Lupita Nyong’o menjadi trending topik di twitter dan di retweet jutaan orang.

Baca juga:  Ini Alasan Gunanya Permainan Lego

Indonesia pun tidak ketinggalan budaya selfie. Salah satunya adalah foto selfie Jokowi dan Jusuf Kalla saat pemilihan presiden 2014.

Budaya selfie ini telah menjadi gaya hidup manusia modern. Beberapa psikolog menyimpulkan pendapat adanya dampak dari selfie, seperti yang dipaparkan berikut ini:

Dampak Positif Selfie

Memiliki kepercayaan diri

Misalnya saja seseorang yang tidak puas akan tampilan fisiknya, bisa mengetahui sisi bagian mana yang menarik untuk di foto sehingga dirinya merasa cantik atau ganteng.

Pandai mengeksplorasi kemampuan atau keahlian yang dimilikinya

Seseorang yang suka memposting foto hasil karyanya seperti masakan, tulisan, atau objek lainnya sebagai bentuk ekspresi kemampuan atau bakat yang dimilikinya.

Bisa menjadi hiburan yang menyenangkan diri di kala waktu senggang

Ada kalanya setiap orang pasti jenuh bila sedang menunggu atau tidak melakukan sesuatu sehingga memilih berfoto selfie untuk membunuh waktu.

Baca juga:  Perubahan Cara Kerja Kaum Milenial

Sebagai penyampaian pesan positif kepada orang lain

Contohnya adalah foto-foto yang bersifat himbauan atau ajakan untuk melakukan sesuatu yang sifatnya menolong.

Dampak Negatif Selfie

Membuat seseorang menjadi kecanduan akibat kurangnya kontrol diri sehingga bisa lupa waktu dan melalaikan kewajibannya.

Dapat menjauhkan seseorang dari kontak dunia nyata akibat banyak menghabiskan waktu di dunia maya karena gemar memposting foto.

Dapat membuat seseorang sangat mencintai dirinya sendiri karena kepuasan dirinya dengan hasil foto selfie sehingga cenderung mengarahkan seseorang menjadi pribadi yang egois.

Bisa mengganggu ketidaknyamanan orang lain, seperti terlalu sering memposting foto selfie sehingga membuat orang bosan melihatnya atau hasil foto yang melanggar norma etika.

Dari penjelasan di atas mengenai dampak selfie, tentu kita sepakat bukan bahwa kegiatan selfie hendaknya dilakukan masih dalam batas kewajaran saat bergaul di jejaring sosial.

Baca juga:  Pesta Pernikahan Sukses Tanpa Biaya Mahal

You May Also Like

About the Author: Manasuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *