Pengertian Neutrofil, Jenis Sel Darah Putih

Pengertian Neutrofil, Jenis Sel Darah Putih

Neutrofil adalah jenis yang paling umum dari sel darah putih, yang terdiri dari sekitar 50-70% dari semua sel darah putih. Mereka fagositosis, yang berarti bahwa mereka dapat menelan sel lain, meskipun mereka tidak bertahan hidup selama tindakannya. Neutrofil adalah sel-sel kekebalan pertama tiba di lokasi infeksi, melalui proses yang dikenal sebagai kemotaksis.

Neutrofil adalah jenis yang paling umum dari sel darah putih

Meskipun neutrofil berumur pendek, dengan paruh 4-10 jam bila tidak diaktifkan dan kematian segera setelah menelan patogen, mereka berlimpah dan bertanggung jawab untuk sebagian besar reaksi kekebalan.

Mereka adalah komponen utama dari nanah dan bertanggung jawab untuk warna keputihan tersebut.

Neutrofil yang hadir dalam aliran darah sampai menerima isyarat ke lokasi infeksi oleh isyarat kimia dalam tubuh. Mereka kerjanya cepat, tiba di tempat infeksi dalam waktu satu jam.

Baca Manasuka Lainnya:  Revolusi Tanaman Hias Adenium

Sebelum menelan bakteri invasif, neutrofil dapat melepaskan jaring serat yang disebut perangkap ekstraseluler neutrofil (NET), yang berfungsi untuk menjebak dan membunuh mikroba diluar sel.

Ketika neutrofil menelan mikroba, mereka merilis sejumlah protein dalam butiran primer, sekunder, dan tersier yang membantu membunuh bakteri.

Mereka juga melepaskan superoksida, yang menjadi diubah menjadi asam hipoklorit, yang secara teori berperan dalam membunuh mikroba juga.

Kekurangan neutrofil disebut neutropenia dan mungkin kongenital atau didapat, misalnya dalam beberapa jenis anemia dan leukemia, atau sebagai efek samping dari kemoterapi.

Karena neutrofil adalah bagian penting dari respon imun, keadaan jumlah neutrofil yang menurunkan sebagai hasil dalam sistem kekebalan tubuh.

Neutrofil juga dapat mengalami kegagalan fungsi, menyebabkan lebih membahayakan tubuh daripada pencegahan yang mereka lakukan.

Misalnya, dalam kekurangan alpha 1-antitrypsin, menyebabkan peradangan, sebagai bagian dari respon imun yang normal, menyebabkan kerusakan jaringan.

Baca Manasuka Lainnya:  Klasifikasi Cacing Pipih (Platyhelminthes)

Dalam demam Mediterania familial, respon imun juga begitu akut dan berkepanjangan yang dapat menyebabkan sejumlah komplikasi berbahaya.

 

Pengertian Neutrofil, Jenis Sel Darah Putih

You May Also Like

About the Author: Manasuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *