Cara Membuat Disinfektan Dengan Benar

Membuat Disinfektan

Karena pentingnya cairan disinfektan saat pandemi covid 19 seperti saat ini. Maka ada banyak orang yang ingin membuat disinfektan sendiri di rumah. Sebetulnya membuatnya bukan hal yang sulit yang dibutuhkan hanya produk pembersih rumah.

Membuat Disinfektan Dengan Benar

Kamu bisa memakai cairan pemutih yang bisa dijadikan sebagai disinfektan adalah pemutih yang memiliki kandungan zat kimia natrium hipoklorit. Bisa juga menggunakan pembersih karbol yang memiliki kandungan zat kimia benzalkonium klorida.

Di bawah ini cara yang tepat untuk membuat cairan disinfektan sendiri yang bisa kamu simak sebagai berikut:

1. Alat yang dibutuhkan

  • Botol semprot yang memiliki tutup.
  • Sarung tangan sekali pakai.
  • Gelas ukur.
  • Kain bisa menyerap air.
  • Masker dengan 3 lapis.

2. Bahan yang diperlukan

  • Air bersih
  • Cairan pemutih sebanyak 2 sendok makan atau 30 ml atau cairan karbol banyaknya sama. Ini untuk setiap 1 liter air.
Baca juga:  Peran Veronika Asisten Virtual Telkomsel

3. Cara membuat serta memakainya

  • Tuang pemutih atau karbol dengan pelan-pelan pada botol semprot yang sudah kamu siapkan lebih dulu.
  • Campur dengan air bersih kemudian aduk sampai cairan tersebut tercampur menjadi satu.
  • Jika cairan pemutih atau karbol sudah tercampur dengan air. Kamu dapat menaruh cairan itu pada botol semprot dengan ukuran yang lebih kecil. Ini supaya kamu bisa dengan mudah saat menggunakannya.
  • Terakhir, cairan disinfektan yang kamu buat sudah bisa dipakai. Kamu bisa membersihkan berbagai permukaan barang kamu yang sering kontak tangan. Sebelum menyemprot disinfektan sebaiknya permukaan tersebut kamu lap menggunakan air panas atau sabun lebih dulu. Ini agar efektif untuk membunuh bakteri yang menempel pada permukaan barang tersebut.

Sebaiknya kamu pastikan untuk mengikuti langkah diatas pada ruang terbuka atau ruangan yang memiliki ventilasi udara yang baik. Ini karena cairan pemutih yang berkonsentrasi tinggi bisa mengeluarkan uap yang dapat membahayakan sistem pernapasan sehingga sebaiknya jangan membuat cairan disinfektan pada ruangan yang tertutup.

Baca juga:  Isi Ulang Pulsa Telkomsel Secara Online

Itulah cara yang paling benar untuk membuat cairan disinfektan yang bisa kamu terapkan di rumah. Dengan membuatnya sendiri tentu akan lebih praktis saat penggunaanya.

Jika tidak mau repot dan ingin yang praktis, bisa menggunakan jasa semprot disinfektan karena umumnya memiliki cairan kimia yang digunakan untuk membunuh virus dan bakteri menggunakan senyawa khusus yang dapat membunuh virus dengan waktu yang sangat singkat.

 

Cara Membuat Disinfektan Dengan Benar

You May Also Like

About the Author: Manasuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *