Bercanda Harus Hati-Hati, Mulutmu Harimaumu

Bercanda Harus Hati-Hati, Mulutmu Harimaumu

Masa remaja adalah masa yang menyenangkan, karena masa tersebut adalah masa yang penuh warna. Salah satu yang menjadikan remaja itu penuh warna adalah karena adanya banyak teman, dan masa itulah yang akan kamu rindukan di hari tua.

Bercanda Harus Hati-Hati, Mulutmu Harimaumu

Bercanda dan tertawa bersama adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi para remaja, namun sebaiknya kamu berhati-hati saat bercanda dengan siapapun, karena candaan yang kurang tepat justru akan menimbulkan masalah buatmu (mulutmu adalah harimaumu).

Ada tata cara yang tepat saat bercanda itu, tata cara yang tepat itu antara lain:

1. Jangan Mengejek

Terkadang remaja yang sedang berkembang tidak mampu mengontrol ucapannya, seperti halnya saat bercanda. Ucapan yang bisa menyebabkan lawan bicara bisa marah salah satunya adalah dengan ucapan yang bernada ejekan. Untuk itu hindari bercanda dengan mengejek lawan bicara.

Baca Manasuka Lainnya:  Pentingnya Memahami Karakter Seseorang

2. Jangan Bercanda Masalah Fisik

Tata cara bercanda yang baik selanjutnya adalah jangan bercanda masalah fisik seseorang. Setiap orang punya kelebihan maupun kekurangan, dan mungkin kekurangan yang ada pada seseorang itu adalah fisiknya yang kurang sempurna. Kamu harus hati-hati dan jangan bercanda menjurus kepada kekurangan fisik seseorang, karena itu dapat menyakiti hati orang tersebut.

3. Bercanda Yang Elegan

Bercanda yang elegan itu yang bagaimana? Yaitu bercanda yang umum, yang tidak dapat menyakiti orang lain. Spesifikasi jelasnya adalah bercanda yang mampu membuat orang tertawa bersamamu, tapi tidak ada yang tersakiti. Contohnya yaitu bercanda dengan tebak-tebakan, dll.

4. Lihat Sikon

Tata cara bercanda yang tepat selanjutnya adalah dengan melihat situasi dan kondisi lawan kamu. Mood seseorang itu dapat berubah-ubah, jadi kamu harus memperhatikan mood orang yang akan kamu ajak bercanda itu. Jika dirasa dia sedang bersedih, maka sebaiknya jangan ajak dia bercanda, karena itu justru akan menjadi candaan satu sisi saja.

Baca Manasuka Lainnya:  Manfaat Sikap Sabar Dalam Pertemanan

5. Jangan Mengganggu Orang Lain

Saat kamu dan teman-temanmu bercanda, sebaiknya candaan kamu bersama teman-temanmu itu jangan sampai mengganggu orang lain. Karena mungkin saja orang lain itu sedang tidak minat untuk mendengar suasana yang berisik karena harus fokus terhadap pekerjaan, dll.

6. Lihat Tempat

Yang terakhir adalah lihat tempat jika kamu ingin bercanda, jangan sampai salah tempat. Saat ditempat ibadah, di perpustakaan, di rumah sakit, dll. Adalah tempat-tempat yang tidak tepat untuk bercanda.

Itulah tata cara yang tepat saat kamu ingin bercanda bersama orang lain, agar tidak menimbulkan masalah bagi kamu. Semoga artikel singkat berikut bermanfaat bagi kamu.

Image: https://www.lenterabijak.com/

 

Bercanda Harus Hati-Hati, Mulutmu Harimaumu

You May Also Like

About the Author: Manasuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *