Perawatan Tanaman Hias Aglaonema Agar Tetap Cantik

Perawatan Tanaman Hias Aglaonema

Aglaonema (Chinese Evergreens) ialah tanaman hias terkenal dari suku talas-talasan atau Araceae. Nama populer Aglaonema di masyarakat adalah Sri Rejeki. Genus Aglaonema mempunyai sekitaran 30 spesies. Komunitas asli tanaman ini ialah di bawah rimba hujan tropis, tumbuh baik pada area dengan intensif pencahayaan rendah dan kelembapan tinggi.

Perawatan Tanaman Aglaonema

Dalam menjaga kecantikan aglaonema, media tanam dan pemilihan pupuk adalah kunci utama. Jika penggunaan media tanam salah, jarang diganti atau kurang tertata, aglaonema akan terlihat hidup secara maksimal, bahkan mungkin aglaonema akan mati jika tidak tertangani dengan benar. Selain itu penggunaan pupuk yang tidak tepat, sering kali menghilangkan warna pada daun ataupun daun terbakar.

1. Repotting dan penggantian media tanam

Idealnya, untuk melakukan repotting dan mengganti media tanam, dilakukan paling tidak 6~12 bulan sekali. Itu dilakukan untuk menghindari pertumbuhan kuman dan bakteri yang tumbuh di media tanam.

Baca Manasuka Lainnya:  Manfaat Air Soda Selain Untuk Bahan Makanan atau Minuman

Penggunaan insektisida dan fungisida memang tidak dilarang, namun untuk menghindari bahan kimia berlebih, repotting adalah cara yang bisa diandalkan.Penggantian media tanam yang terlalu sering juga tidak baik, karena dikawatirkan bisa menyebabkan tanaman menjadi stress.

Media tanam yang banyak digunakan adalah akar pakis, namun tak jarang penghobis menggunakan media sekam atau hidro gell untuk menanam aglaonema kesayangannya. Yang terpenting media tanam harus steril.

2. Pemupukan Kimia atau Organik?

Penggunaan pupuk kimia sering digunakan untuk merangsang pertumbuhan aglaonema secara cepat,namun yang perlu diperhatikan adalah pemakaian pupuk kimia tidak boleh melebihi dosis anjuran karena bisa berakibat tanaman keracunan.

Penggunaan pupuk organik adalah paling baik digunakan sebab penggunaan pupuk dapat dilakukan sesering mungkin sesuai kebutuhan karena tidak bersifat meracuni aglaonema. Hanya saja pupuk organik biasanya cukup sulit untuk mencari kandungan makro ataupun mikro yang tepat komposisinya.

Baca Manasuka Lainnya:  Cara Merawat Ikan pada Akuarium Agar tidak Gampang Mati

Tapi yang terpenting adalah pupuk untuk aglaonema yang punya karakter berwarna-warni (selain warna hijau), pupuk dengan kandungan N (Nitrogen) terlalu tinggi tidak boleh digunakan sebab bisa memudarkan warna dari aglaonema kesayangan anda.

Untuk koleksi aglaonema, sebaiknya pemupukan menggunakan pupuk organik dengan kandungan vitamin B1, yang dilakukan hampir tiap hari, agar hasilnya dapat maksimal. Setiap 2 minggu sekali tumbuh 1 daun dan rata-rata pada daun ke 7 sudah mempunyai tunas daun.

 

Perawatan Tanaman Hias Aglaonema Agar Tetap Cantik

You May Also Like

About the Author: Manasuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *