Perbedaan Hutan Hujan Tropis dan Gurun

Perbedaan Hutan Hujan Tropis dan Gurun

Bumi terdiri dari enam jenis bioma; perbedaan utama antara masing-masing tipe ekosistem adalah iklim. Hutan hujan tropis menutupi area antara Tropic of Capricorn dan Tropic of Cancer dan cenderung hangat dan basah. Sementara gurun beriklim panas dan kering serta memiliki curah hujan tahunan yang sangat sedikit. Kebanyakan gurun yang panas terletak di lintang rendah, meskipun gurun dingin juga terjadi pada ketinggian yang lebih tinggi.

Lokasi

Hutan hujan tropis

Hutan hujan tropis hanya ditemukan di dekat garis khatulistiwa Bumi, yang juga salah satu alasan mengapa mereka lembab. Hutan hujan tropis terbesar di dunia berada di Asia Tenggara, Amerika Selatan dan Afrika.

Gurun

Sementara gurun, terjadi di berbagai lokasi geografis: padang pasir seperti Namib atau Atacama yang dekat pantai, sementara gurun Great Basin terjadi di pedalaman dan jauh dari air. Gurun Gobi dekat Pegunungan Himalaya.

Baca Manasuka Lainnya:  Sistem Ekskresi pada Hewan Invertebrata

Curah Hujan

Hutan hujan tropis

Sementara hutan hujan tropis biasanya menerima 60-160 inci curah hujan per tahun, hutan tropis hangat dapat menerima sebanyak 400 inci hujan.

Gurun

Sebagai perbandingan, gurun didefinisikan terutama oleh kurangnya curah hujan, meskipun gurun dingin memiliki hujan salju. Rata-rata, gurun dapat menerima setengah inci sampai 15 inci dari curah hujan tahunan.

Kehidupan Tumbuhan dan Hewan

Hutan hujan tropis

Suhu hangat dan curah hujan yang melimpah membuat hutan hujan tropis merupakan tempat yang ideal untuk keragaman hewan berkembangbiak. Bahkan, hutan hujan tropis memiliki keanekaragaman hewan terbesar dari bioma apapun, dengan sekitar setengah dari semua spesies hewan di dunia hidup di hutan tropis.

Seperti sejumlah besar hewan yang berkembang karena kondisi ideal di hutan hujan tropis, berbagai tanaman juga tumbuh di hutan hujan tropis: area empat mil persegi hutan hujan tropis mengandung sekitar 750 jenis pohon dan 1.500 spesies tumbuhan berbunga.

Baca Manasuka Lainnya:  Pengertian Garis Khatulistiwa, Garis Lintang, Garis Bujur

Gurun

Gurun, kurang ideal untuk kehidupan hewan; dengan sumber daya yang langka air dan makanan, serta suhu terik pada siang hari dan suhu jauh lebih rendah selama malam hari, sejumlah kecil hewan gurun telah belajar untuk bertahan hidup di padang pasir.

Di padang pasir, tanaman langka karena kurangnya curah hujan; spesies tanaman yang tumbuh di padang pasir telah belajar untuk beradaptasi dengan kurangnya curah hujan dengan menyimpan sejumlah air untuk bertahan hidup dalam kondisi yang keras seperti itu.

 

Perbedaan Gurun dan Hutan Hujan Tropis

You May Also Like

About the Author: Manasuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *