Kelebihan Dan Kekurangan Marketplace

Kelebihan Dan Kekurangan Marketplace

Di zaman yang serba canggih ini penggunaan Internet memang sudah menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan. Indonesia yang mempunyai populasi penduduk nomor 5 sedunia hampir 50 persen dari penduduk kita ini adalah pengguna internet aktif.

Kelebihan Dan Kekurangan Marketplace

Kelebihan lain dari internet zaman sekarang adalah semakin memudahkan kita dalam hal bertransaksi. Kalau pada zaman dahulu ketika kita hendak menginginkan transaksi antara pembeli dan penjual harus bertemu di pasar kemudian melihat barang, tawar menawar lalu mulailah terjadi transaksi, di zaman sekarang hal itu cukup dilakukan hanya di dalam kamar dan cukup dengan sentuhan-sentuhan handphone saja semua sudah dilakukan.

Dengan begitu maraknya transaksi yang dilakukan secara online menjadikan banyak bermunculanlah pasar-pasar online orang menyebutnya dengan marketplace. Pada sistem marketplace yang ada di internet juga memiliki kekurangan dan juga kelebihan.

Baca Manasuka Lainnya:  Strategi Khusus Mendatangkan Banyak Pembeli

Kelebihan Market Place

1. Tempat Berkumpul Para Pembeli

Dengan banyaknya para penjual yang berada dalam satu marketplace menyebabkan banyak juga yang berada pada titik itu, dengan banyaknya pembeli yang berada pada satu marketplace menyebabkan para penjual juga mengalami keuntungan karena penjual bisa dengan lebih mudah menjual barang dagangan mereka tanpa perlu mengumpulkan para pembeli.

2. Tempat Bertukar Informasi

Sesama penjual yang ada dalam satu marketplace, maka sesama penjual dengan mudah akan saling bertukar informasi tentang hal-hal yang mereka produksi atau yang sedang mereka jual, dengan banyaknya informasi yang diperoleh menjadikan kita semakin kompetitif dalam berbisnis.

3. Tersedia Banyak Produk

Dengan banyaknya penjual yang ada dalam satu marketplace maka menyebabkan banyak bermunculan produk-produk yang dihasilkan dari produsen-produsen yang berbeda pula, semakin banyak produk yang ada menjadikan sebuah market place semakin sering dikunjungi pelanggan karena mereka tidak perlu pindah ke satu marketplace yang lain.

Baca Manasuka Lainnya:  Sosial Media Sebagai Platform eCommerce Ke Depan

Kelemahan Market Place

1. Terjadinya Persaingan Antar Penjual

Karena terlalu banyak yang menjual dalam satu marketplace, anda harus benar-benar ekstra kerja masalah yang ada adalah ketika kita melakukan penawaran pada marketplace tersebut maka banyak penjual lain yang memiliki produk yang sama tinggal kita harus benar-benar berinovasi dalam hal mulai harga model produk dan juga tampilan yang akan kita display-kan ke konsumen kita, jika kita tidak benar-benar jeli melihat itu maka jangan harap barang yang akan kita jual akan laku.

2. Keamanan Dari MarketPlace Belum Tentu Terjamin

Suatu MarketPlace kadang belum tentu mampu bertahan lama, karena mungkin ada banyak faktor semisal kurangnya pembeli disitu, nah jika anda mau memulai berdagang di suatu marketplace anda harus benar-benar jeli memilih marketplace yang mempunyai kualitas. Jangan sampai ketika anda sudah capek-capek berjualan di suatu marketplace eh tiba-tiba marketplace nya tutup. Kan bisa rugi.

Baca Manasuka Lainnya:  Kombinasi Media Sosial Untuk Marketing Bisnis Online

 

Kelebihan Dan Kekurangan Marketplace

You May Also Like

About the Author: Manasuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *